KICKFEST 2009 Expo – Terbesar dari Clothing dan Distro Ternama

Pemerintah mencanangkan tahun 2009 ini sebagai Tahun Industri Kreatif. Berbicara pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia, Industri Clothing Lokal dan Distro (Distribution Outlet) adalah salah satu contoh tersukses bagaimana sebuah industri berkembang secara mandiri, berbasiskan desain dan pergerakan komunitas.
Berawal sekitar pertengahan tahun 90-an, disaat krisis melanda Indonesia, siapa sangka malah melahirkan benih daya hidup dari sekelompok anak muda di kota Bandung, membangun 5 label clothing dari sebatas kesamaan hobi (music, skateboard, BMX) dalam komunitas independent, hingga kemudian mewabah ke berbagai kota. “Sampai saat ini Jumlah clothing dan distro mencapai 1.000, yang tersebar di 94 kota di seluruh Indonesia,” ungkap Ade Andriansyah, sekertaris KICK (Kreative Independent Clothing Kommunity).
KICK adalah forum bisnis dari para pengusaha Clothing Lokal dan Distro yang dibentuk pada September 2006, demi meningkatkan dan mengeratkan komunikasi serta koordinasi untuk memajukan usahanya meliputi wilayah Legal, Business Development, Marketing Campaign dan Event. Hingga saat ini KICK sudah mengantongi 160 anggota; 60 anggota tetap dan 100 anggota terdaftar yang tersebar di 7 Kota : Bandung (Pusat), Jakarta, Yogyakarta, Makassar, Lampung, Surabaya dan Malang.

Kickfest 09, Speak Louder!

Tahun 2009 adalah tahun ketiga penyelenggaraan Kickfest. Dilaksanakan untuk pertamakalinya di Bandung (Agustus 2007) selama 3 hari, diikuti oleh 107 clothing dari 9 kota serta sukses menghadirkan transaksi lebih dari Rp. 3.5 Milyar dengan total pengunjung sebanyak 300.000 orang. Selanjutnya pada tahun 2008 Kickfest digelar di 3 kota : Yogya (April 2008) menghadirkan 97 booth eksebitor dengan total Omzet selama 3 hari mencapai 5 Milyar Rupiah dan jumlah pengunjung 64,000 orang, Makassar (Mei 2008) dengan eksibitor sejumlah 64 booth dan Total Omzet 3 hari mencapai 5 Milyar Rupiah dan dihadiri 42,000 pengunjung.
Sebagai puncak rangkaian Kickfest 08 diselenggarakan di Lapangan Gasibu dan Ruas Jalan Diponegoro, Bandung, pada 1 – 3 Agustus 2008. Diikuti 160 booth clothing lokal dari 9 kota & 8 negara (UK & Asia Timur – British Council), 20 booth komunitas HelarFest dan 10 booth komunitas KICK (Indie Record Label, Skateboard, Low Rider, dan lain-lain). “Selama 3 hari perhelatan, sukses menghadirkan 350.000 pengunjung, dan terjadi transaksi penjualan secara fantastis sebesar 15 Milyar Rupiah,” Ujar Reza Pamungkas dari Independent Network Indonesia, event management Kickfest 08 di Bandung. “Untuk saat ini karena pelaksanaan Pemilu, Kickfest 2009 direncanakan akan digelar di 2 kota yakni Yogya dan Bandung, belum tahu bila ada animo dari kota-kota lain,” tambah Reza.
Dari 160 clothing & distro yang tergabung dalam KICK, sekitar 103 merk clothing & Distro akan hadir dalam perhelatan Kickfest09 di Jogja Expo Center (17-19 April 2009). ”Tidak semua clothing dan distro bisa ikut Kickfest karena ada proses screening dari KICK”, ungkap Joseph Siddi, Event Coordinator KICK. “Kriteria itu antara lain usia eksistensi perusahaan minimal sudah 4 tahun, memiliki visi yang sama yakni tidak sekadar jualan tapi lebih ke attitude, serta menjunjung nilai originalitas,” Tambah Joseph Siddi. Dengan kriteria tersebut, pantas kalau KICKFEST hanya akan menampilkan merk dari clothing ternama, berdedikasi tinggi pada pergerakan lokal (local movement) serta dapat dipertanggung-jawabkan originalitasnya. Sebut saja Slackers, Screamous, Invictus, Is This It, Dloops, Airplane, 347/unkl, God Inc dan banyak lagi.
”Kickfest adalah bukti keberhasilan eksistensi pergerakan lokal dalam industri kreatif tanah air,” Kata Reza Pamungkas. ”Baik ada atau tidak ada sponsor, pergerakan ini akan tetap berjalan sebagai sebuah pembuktian,” lanjut Reza. Independent Network Indonesia, yang sudah eksis selama 10 tahun dalam event management consultant merasa terhormat untuk terlibat dan bersinergi lagi dalam Kickfest 09. “Independent sedang menyiapkan program mini expo di Nagoya Jepang, untuk memperkenalkan berbagai pergerakan anak muda Indonesia, tak terkecuali produk clothing dan distro,” jelas Reza. Semoga Kickfest akan menjadi momen untuk mengangkat potensi lokal, sesuai dengan jargon Kickfest 09 berbunyi “Speak Louder”.
“Puasa belanja dulu sampai 17 April, karena hanya di Kickfest bisa didapat produk clothing dari merk-merk terkenal,” ucap Siddi. Selain menawarkan produk clothing branded, Kickfest 09 juga akan dimeriahkan oleh komunitas Independent mulai dari music, Skateboard dan sebagainya. Kita tunggu saja perhelatan akbar ini. [inNEWS_270309]

for further information :
RYAN LH – 0817 101 747
Head Of Communication Dept.
INDEPENDENT NETWORK INDONESIA
Jl. R. E. Martadinata No. 159B [Taman Pramuka]
Bandung 40114 West Java – Indonesia
Ph : [+62 22] 723 4130- Fx : [+62 22] 710 2851

E-mail : independentnetwork@consultant.com

ryanelha@yahoo.com

About these ads

~ by independentnetworkindonesia on April 1, 2009.

6 Responses to “KICKFEST 2009 Expo – Terbesar dari Clothing dan Distro Ternama”

  1. salam kenal .

    thank’s udah share . . .

  2. kpn ad d bdg Lg ????

  3. kapan ada di bandung lagi nih kickfest …??

  4. KICKFEST ’09 bandung ?….hmmm, sementara masih dalam proses peng-godok-an guys…akan dibikin sesuatu yg beda dari yg sudah2…perkiraan sih akhir tahun..siap2 aja pada datang dan bantuin yaaa….

  5. KICKFEST udh manjamah sby blm?

    klo iya jdwalnya kpn?

  6. kapan ada di jakarta …..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: